Honeymoon Asik di Pantai Slili

Honeymoon Asik di Pantai Slili

Category: Travel Blog

Pantai Slili, sebuah pantai mungil yang terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai yang berada di samping pantai Ngandong ini menjadi pemisah antara dua pantai yaitu antara pantai Krakal dan Pantai Sadranan yang terpisahkanoleh dua buah bukit. Pantai mungil ini memiliki garis pantai yang tidak sampai 100 meter. Dengan garis pantainya yang tidak terlalu panjang membuat pantai mungil ini keadaannya menjadi lebih tenang dan bersih. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat beristirahat. Walaupun pengunjung pantai Slili ini tidak terlalu ramai, tetapi selalu ada saja yang datang berkunjung ke pantai ini karena penasaran dengan keindahan pantai yang satu ini.

Samahalnya dengan pantai lain yang ada di Gunungkidul, pantai inipun juga dihiasi dengan berbagai batuan karang yang besar dengan tebing-tebing yang menjulang tinggi. Di pantai yang menawan ini para pengunjung dapat menyaksikan dan melakukan berbagai hal yang menyenangkan yang dapat menambah keseruan selama berwisata di pantai yang indah ini. dengan dasar pantai yang berbatu karang dan dihiasi terumbu karang serta cukup dangkal membuat kita tidak dapat melakukan snorkeling di tempat ini. namun masih banyak hal menarik yang dapat kita lakukan di tempat ini antara lain :

  1. Menikmati suasana pantai

Seperti halnya dengan pantai dangkal pada umumnya, di pantai Slili ini para pengunjung dapat bermain-main air di bibir pantai, bermain pasir, berfoto, menikmati keindahan pantai, ataupun sekedar bersantai, di pantai Slili ini juga sudah disediakan Gazebo untuk bersantai para pengunjung lengkap dengan Warung yang menyediakan makanan olahan hasil laut.

 

  1. Menaiki Bukit

Di pantai ini terdapat jalan setapak yang akan mengantarkan para pengunjung menuju ke atas bukit Kobengan yang berada di sebelah timur pantai dan berada di antara pantai krakal dan pantai Slili. Dari atas bukit Kobengan ini para pengunjung  dapat puas menikmati pemandangan dua sisi pantai, hamparan pantai dan ombak laut selatan yang besar dan indah ketika menggulung perairan yang terlihat dari atas bukit Kobengan ini. tapi tetap harus berhati-hati ya, karena ditempat ini tidak ada pagar pembatas, jadi jangan terlalu ke pinggirya.

 

  1. Menangkap Udang

jika pengunjug datang ke pantai Slili ini ketika musim kemarau, para pengunjung dapat mencari dan menangkap udang yang ada di sela-sela batu karang. Karena pada musim kemarau pantai ini ditumbuhi dengan rumput laut yang menjadi tempat bersembunyi atau terdamparnya berbagai udang, ikan, hingga kerang-kerangan.

 

  1. Tradisi Sedekah Laut

Di pantai Slili ini selalu diadakan sedekah laut setiap tahunnya, yang disebut dengan Nyadran atau Sadranan. Tradisi ini dilakukan oleh sebagian masyarakat dengan harapan agar warga sekitar mendapatkan keelamatan dan hasil panen ang melimpah, dalam tradisi ni biasanya para warga menyiapkan saji-sajian berupa Nasi Tumpeng lengkap dengan lauk pauknya. Kemudian mereka  naik ke atas kapal menuju ke laut untuk menghanyutkan saji-sajian tersebut.

Meskipun pantai Slili ini tidak terlalu luas, namun Fasilitas yang ada di pantai Slili ini sudah cukup lengkap, terdapat berbagai fasilitas pendukung guna kenyamanan pengunjung, mulai dari Gubuk, Gazebo untuk berteduh hingga kamar mandi dan Toilet yang cukup memadai, tak ketinggalan area Parkir  dan warung yang menjajajkan olahan hasil laut juga sudah tersedia di Pantai ini. jika para pengunjung menginginkan suasana pantai di malam hari atau ingin berburu sunset dan sunrise dari tempat ini, maka beberapa penginapan hingga hotel yang berfasilitas lengkap juga sudah tersedia.

Akses menuju ke Pantai Slili ini juga sudah tergolong nyaman dan memadai. Pantai ini berjarak sekitar 64 KM dari kota Yogyakarta dan dapat ditempuh dengan berkendara kurang lebih 2 Jam dari Pusat Kota Yogyakarta, harga tiket untuk masuk ke pantai ini yaitu sebesar Rp. 10.000 dan sudah termasuk tiket ke 9 pantai lain, yaitu dengan pantai Baron, Kukup, Pantai Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, Indrayanti, dan pantai pok tunggal. Nah, cukup menarik bukan keindahan dan pesona pantai Slili ini.

LEAVE A REPLY