Wisata Waisak Borobudur 2019 dengan Ribuan Lampion

perayaan waisak di candi borobudur

Wisata Waisak Borobudur 2019 dengan Ribuan Lampion

Category: Travel Blog

Wisata Waisak Borobudur 2019 dengan Ribuan Lampion – Hari raya Waisak atau Waisaka merupakan hari suci agama Buddha. Hari Waisak juga dikenal dengan nama Visakah Puja atau Buddha Purnima di India, Saga Dawa di Tibet, Vesak di Malaysia, dan Singapura, Visakha Bucha di Thailand, dan Vesak di Sri Lanka. Perayaan Tri Suci Waisak 2563 BE/ 2019 Perwakilan umat Buddha Indonesia ini diadakan di Candi Mendut dan Candi Agung Magelang- Jawa Tengah pada tanggal 14-19 Mei 2019. Perayaan Waisak Tahun 2019 ini mengambil tema “Pahami Hati, Tampakkan Kesejatian Diri” dan sub tema “Implementasi Bodhisattvayana Dengan Berbagi dan Melayani”

Upacara Waisak 2019 dilaksanakan seperti waisak 2018 yaitu di candi borobudur. Candi yang berlokasi di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah ini merupakan candi atau kuil Buddha terbesar di dunia. Tidak heran, jika candi ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit baik oleh wisatawan domestik maupun internasional. Candi  Borobudur ini terketak di kawasan magelang jawa tengah.

Untuk memudahkan trip, Jogja Tour Wisata menawarkan Paket Wisata Waisak Borobudur 2019, silahkan baca/ download PDF disini.

Merayakan hari raya Waisak di Candi Borobudur, Magelang, Indonesia tidak lengkap rasanya tanpa mengikuti dan menyaksikan pelepasan ribuan lampion ke angkasa. Pelepasan lampion Waisak biasanya digelar pada Sabtu. Hari Trisuci Waisak sendiri merupakan peringatan tiga peristiwa penting dalam ajaran Buddha. Yakni kelahiran Sidharta Gautama, Sang Buddha mencapai penerangan sempurna, dan wafat Buddha Gautama.

Lokasi dan Jadwal Waisak Di Candi Borobudur 2019

  • Lokasi perayaan waisak di Candi Borobudur dan lokasi pembelian tiket dan informasi di Candi Mendut
  • Jadwal Waisak Candi Borobudur tanggal 14-19 Mei 2019

Baca Juga :“Candi Ijo, Wisata Sejarah dan Spot Menikamati Sunset Terbaik”.

Rangkaian Kegiatan Waisak Di Borobudur 2019

Tanggal Kegiatan Lokasi Keterangan
14 s.d 15 Mei 2019.

 

Bakti Sosial Kesehatan Pelataran Candi Borobudur komplek Taman Lumbini, Magelang Jawa Tengah
12 Mei 2019

Jam 08.00-14.00

Screening Pasien Operasi Mata/Katarak, Bedah minor, Bibir sumbing GVA (Griya Vipasana Avalokitesvara) Jl. Bojong II No. 1, Mendut – Magelang. Pengobatan Gratis bekerjasama dengan DISKES TNI AU PUSKES AD DINKES KAB. MAGELANG RST TK II DR. SOEDJONO MAGELANG RSUP DR . SARDJITO YOGYAKARTA RS SUCI PARAMITA TANGERANG UNIVERSITAS GAJAH MADA YOGYAKART. Bakti Sosial Kesehatan ini melayani Poli Umum, Poli Anak, Poli Mata (operasi katarak), Bedah minor/bibir sumbing/benjolan, Poli Gigi (tambal, cabut, scalling).

 

INFORMASI SEKRETARIAT BHAKSOS : 1. GVA (Griya Vipasana Avalokitesvara) , Jl. Bojong II No: 1 – Mendut –Magelang TELP. 0293-789778 2. DPP WALUBI , Jl. Abdul Muis 62 Jakarta Pusat 10160 Telp. 021-3518801. (sumber: walubi.or.id)
waisak di borobudur 2018
Perayaan waisak di borobudur (2016,Karbol Wanghi /Shutterstock)

Tips Mengikuti Waisak Borobudur 2019

  1. Perlu diingat Hari Raya Waisak setiap tahunnya tidak sama tanggalnya, maka dari itu pelaksanaannya juga akan berbeda tanggal setiap tahunnya.
  2. Untuk informasi yang lengkap, cek berkala Website Walubi. Mulai dari informasi hingga rundown akan tersedia disana.
  3. Untuk registrasi dan pembelian tiket, semua dilakukan di Candi Mendut mulai pagi hari. Lebih baik datang sebelum pukul 10.00 untuk menghindari kemungkinan habis terjual.
  4. Peserta dan wisatawan diharapkan mengenakan pakaian sopan, atasan maupun bawahan. Perempuan tidak diperkenankan memakai pakaian ketat atau celana atau rok pendek.
  5. Pada perayaan Waisak Tahun 2018, pukul 21.00 prosesi Waisak sudah dimulai. Jadi pengunjung dan wisatawan diharapkan datang lebih sore. Selebrasi Waisak bukan dengan selebrasi yang meriah, para pengunjung diajak untuk melakukan meditasi, dalam keheningan mengosongkan pikiran. Pengunjung dan wisatawan akan merasakan kedamaian di tengah malam hari yang disinari bulan purnama. Mungkin saja tahun ini berubah tergantung kebijakan pengelola dan panitia.
  6. Sebelum itu, berkumpul biksu-biksu dari berbagai aliran Buddha di atas panggung bersama-sama melakukan doa. Lalu penampilan nyanyian dan ditutup dengan pelepasan lampion sebagai awal dimulainya penerbangan lampion oleh peserta.

Baca Juga :“Candi Prambanan Yogyakarta, Candi Hindu Terindan dan Beragam Kegiatan Internasional Diadakan”.

candi borobudur
Waisak Candi Borobudur (via buddhazine.com)

Meskipun Waisak adalah ibadah umat Buddha, namun semua orang bisa menikmatinya. Tapi harus perhatikan aturan dan kamu harus punya etika ya. Kamu boleh mengunjungi Borobudur sebagai tujuan wisata saat Waisak nanti. Ketika berkunjung kamu tetap harus menghormati pemeluk Buddha yang sedang beribadah di sana. Kamu bisa menghubungi jogjatourwisata untuk melakukan trip Waisak di Candi Borobudur. Selamat menikamti keindahan ribuan lampion 🙂

tour waisak borobudur 2019
tour waisak borobudur 2018 (via: touraadc2.com)

LEAVE A REPLY