Tips Liburan ala Backpacker ke Jogja

Tips Liburan ala Backpacker ke Jogja

Category: Travel Blog

Tips Liburan ala Backpacker ke Jogja – Jogjakarta masih menjadi destinasi favorit yang tak bisa begitu saja dilupakan oleh banyak orang. Pesona alam, budaya dan keramahan masyarakatnya membuat orang ingin berkunjung lagi dan lagi. Banyak sekali tempat wisata d di Jogja yang bisa kita kunjungi. Di Jogja juga terkenal akan kulinernya yang murah meriah. Walaupun kita sudah pernah pernah berkunjung ke namun rasa bosan itu tak pernah ada dan tak pernah muncul. Jogja itu memang magis, ngangenin dan nyenengin.

Banyak pilihan penginapan murah, wisata kuliner ramah kantong, serta banyaknya wisata gratis menjadi daya tarik tersendiri bagi para backpacker. Tak terkecuali para backpacker yang selalu menjadikan Jogja sebagai destinasi favoritnya untuk berlibur.

Pilih Trasnportasi yang Tepat

Tranportasi tentu menjadi salah satu alokasi dana yang cukup besar saat liburan. Karena itu, memilih transportasi yang tepat bisa memengaruhi perjalanan liburan backpacker kamu. Selain transportasi menuju Jogja, para Backpacker juga perlu memikirkan transportasi selama berkeliling Kota Gudeg ini. Yuk, simak panduan singkatnya berikut ini:

Gunakan Kereta Api Ekonomi

Selain memiliki rentang waktu perjalanan yang terukur kereta api ekonomi juga memiliki harga yang terjangkau. Kini kereta api ekonomi sudah nyaman untuk dijadikan pilihan transportasi jarak jauh karena PT KAI sudah melakukan peningkatan pelayanan. Kereta api ekonomi ini bisa menjadi pilihan tepat menuju Jogja buat kamu yang berasal dari pulau jawa.

Gunakan Trans Jogja atau Berjalan Kaki

Untuk menuju penginapan ataupu tempat wisata para Backpacker bisa menggunakan trans jogja. Selain mudah untuk diakses dari berbagai lokasi biaya naik trans jogja pun sangat terjangkau sekitar Rp3.600. Jadi, kamu bisa menghemat pengeluaran kan.

Ada pula alternatif lain yang bisa kamu lakukan demi menghemat biaya transportasi, yaitu berjalan kaki. Cara ini dianggap efektif karena Jogja merupakan kota yang ramah turis. Berbagai trotoar serta penyeberangan bisa dengan aman kamu lalui di Yogyakarta. Tak hanya itu, dengan berjalan kaki kamu juga bisa lebih mengenal penduduk serta budaya lokal.

Sewa Sepeda Motor Untuk Berkeliling Jogja

Para Backpacker bisa menyewa sepeda motor jika ingin menjelajahi Jogja dengan lebih leluasa motor selama beberapa hari. Selain lebih fleksibel, penggunaan sepeda motor akan membantu kamu menjangkau objek wisata yang tidak dilalui angkutan umum.

Harga sewa sepeda motor yang disewakan bervariatif, bergantung pada tipe motor dan lama waktu peminjaman. Agar perjalanan aman dan lancar, pilihlah tipe motor yang sesuai dengan kondisi jalan wisata tujuan kamu ya!

Bermalam di Penginapan Murah

Photo by, Deep Purple 1

Di Jogja, tersedia beberapa penginapan murah yang bisa kamu temui. Salah satunya di Jalan Sosrowijayan, kawasan Malioboro. Mulai dari hotel, guesthouse, hingga homestay bisa kamu temukan di sini.

Harga masing-masing penginapan berbeda, tergantung pada fasilitas yang disediakan. Namun umumnya, harga yang ditawarkan berkisar pada Rp100.000 – Rp200.000. Menariknya, penginapan di sini juga bisa diisi oleh rombongan. Dengan begitu, harga sewa kamar pun bisa semakin murah.

Kunjungi  Tempat Wisata Murah

Untuk mengemat pengeluaran kamu dapat mengunjungi beberapa tempat wisata murah. Di Jogja terdapat beberapa wisata murah bahkan ada yang gratis atau kita cukup membayar parkir saja. Berikut tempat-tempat wisata yang kamu bisa kunjungi :

Wisata Kaliburu

Kalibiru ini terletak di Kulonprogo. Disini kamu bisa menaiki gardu pandang di atas pohon untuk melihat  keindahan Waduk Sermo. Biaya masuk ke wisata kalibiru kamu cukup murah kamu perlu membayar tiket sekitar Rp. 10.000 per orang

Wisata Kalibiru, Kulon Progo Photo by @indri.mhlia

Taman Sari

Bagi yang menyukai wisata sejarah, kamu bisa menyempatkan diri berkunjung ke Taman Sari. Di sini, kamu akan melihat keindahan arsitektur kuno berpadu indah dengan gemercik air mancur. Selain itu, bangunan bekas taman keraton ini juga menyimpan banyak sejarah unik. Jadi, kamu bisa berwisata sekaligus belajar sejarah. Jika tertarik mengunjunginya, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp5.000

Pantai di Gunung Kidul

Wilayah Gunung Kidul terkenal akan deretan pantainya yang indah. Kamu bisa mengunjungi beberapa pantai disini seperti Pantai Krakal,Pantai Siung,  Pantai Ngrenehan, dan Pantai Jogan. Dari kota jogja kamu membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk menuju ke pantai-pantai ini. Kamu pun hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp10.000 untuk menikmati keindahan setiap pantainya.

Berburu kuliner murah

Mie Ayam Tumini

Selain harga murah mie ayam bu tumini ini memiliki ciri khas ukuran yang cukup besar serta kuah yang kental berwarna kecoklatan. Kuah dengan cita rasa gurih manis tersebut berasal dari proses pemasakan ayam yang digunakan untuk toping mi ayam.

Alamat: Jalan Imogiri Timur Nomor 187, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga: Rp 8.000 – Rp 10.000

Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Gudeg Mbah Lindu terkenal sudah dari jaman dahalu dan selalu laris. Jenis gudeg yang dijual disini termasuk gudeg basah. Gudeg basah memiliki  santan yang lebih.

Alamat: Jalan Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta

Harga: Mulai Rp 15.000

Soto sapi di dalam tempurung kelapa: Saoto Bathok Mbah Katro

Saoto Bathok Mbah Karto ini memiliki harga yang sangat terjangkau. Hanya dengan Rp 5.000 saja kamu bisa menikmati semangkok saoto disini. Pelengkap berupa tempe goreng, sate usus atau sate telur puyuh sambil makan lesehan dalam saung, wisata kuliner dan budaya lengkap jadi satu di sini.

Alamat: Jalan Candi Sambisari Nomor 6, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga: Rp5.000/porsi

Angkringan

infobdg

Nah, ini yang tidak boleh kamu lewatkan jika sedang backpackeran ke Jogja. Dijogja ada banyak sekali angkringan yang bisa kamu kunjungi. Diangkringan kamu bisa makan dengan porsi banyak dan harga terjangkau.

LEAVE A REPLY