Taman Sari, Komplek Kraton Jogja yang tetap Kokoh

taman sari

Taman Sari, Komplek Kraton Jogja yang tetap Kokoh

Category: Travel Blog

Taman Sari Jogja – Sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas bahwa kota Yogyakarta merupakan kota Pariwisata yang memiliki tujuan wisata yang sangat unik dan salah satunya wisata yang bersejarah. Banyak sekali peniggalan jaman sejarah yang dapat kita pelajari di kota pariwisata Yogyakarta ini. Mulai dai candi, museum, keraton dan masih banyak situs-situs peninggalan bersejarah lainnya. Tak luput satupun yang tidak digemari oleh wisatawan dan menjadi destinasi wisata favorit.

Keraton Ngayogyokarto merupakan ikon sejarah bagi kota Jogja yang dijadikan destinasi wisata yang wajib bagi wisatawan. Dan salah satu bagian dari Keraton Yogyakarta adalah wisata Taman Sari Jogja. Taman Sari dikenal dengan istana yang merupakan tempat rekreasi dan mneghabiskan waktu luang oleh para penghuni kerajaan. Bangunan yang sangat kokoh dengan gaya arsitekturnya banyak menarik mata para wisatawan untuk megabadikan gambar dari wisata bersejarah ini.

Tak heran apabila lokasi wisata ini sering dijadikan untuk prosesi pemotretan prewedding. Memang bangunan ini memilki banyak lorong-lorong. Tetapi tidak usah takut tersesat karena disini ada tour guide yang siap menemani anda untuk mengelilingi lokasi wisata taman sari. Bahkan akan dijelaskan setiap rinci bangunan bersejarah ini.

Sejarah Lokasi Taman Sari

Kebun dan Istana Air ini dulunya dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I (HB I) pada tahun 1758-1765. Taman Sari ini dibangun terdiri dari kurang lebih 57 bangunan yang terdiri dari gedung, kolam pemandingan, kanal air, danau buatan, jembatan gantung, bahkan pulau buatan dan lorong- lorong bawah air. Banyak yang menyebutkan bahwa lokasi dimana Taman Sari ini dibangun adalah di tempat yang dulunya merupakan Keraton Lama, Pesanggrahan Garjitawati.

Pesanggrahan ini dulunya didirikan oleh Susuhan Paku Buwono II. Dulunya tempat ini adalah tempat yang digunakan untuk persinggahan dan istirahat kereta berkuda yang hendak melakukan perjalanan ke Imogiri.

Lokasi yang Harus Dikunjungi

Komplek Taman Sari ini bisa dibilang cukup luas. Jadi jangan sampai ketinggalan beberapa lokasi ini:

  • Pulo Kenanga, Bagian Pulo Kenanga merupakan sebuah pulau yang berada di tengah danau buatan. Tempat yang dulunya sebagai tempat tertinggi di Taman Sari ini di tengahnya terdapat sebuah gedung bernama Gedhong Kenanga. Di Gedhong Kenanga ini dapat melihat keseluruhan wilayah keraton. Dulunya ini merupak suatu lokasi yang digunakan untuk menyelamatkan diri menuju terowongan saat terdapat musuh.
  • Pulo Cemethi ini dulu sering digunakan oleh anggota kerajaan untuk melakukan meditasi.
  • Sumur Gumuling, yang paling dikenal adalah Sumur Gumuling, merupakan suatu tempat ibadah berupa masjid yang berada di bawah tanah. Dulunya jika adzan di Sumur Gumuling ini akan terdengan di seluruh kota. Sumur Gumuling ini berbentuk ceruk melingkar dan terdiri dari sua lantai yang digunakan untuk jemaah laki- laki dan perempuan.
  • Gedhong Lopak-Lopak (Gopok-Gopok), dulunya bangunan ini merupakan sebuah menara dengan dua lantai, namun kini banginan ini sudah digantikan dengan taman yang memiliki sisi persegi delapan
  • Gedhong Gapura Hageng, adalah sebuah Gapura atau gerbang utama yang terletak disebelah barat. Gapura Gageng ini memiliki ruangan dua tingkat yang dihiasi dengan berbagai ornamen yang disebut sengkalan. Sengkalan merupakan visual dari tahun pembangunan,nya yaitu tahun 1765 saat Taman Sari dibangun
  • Umbul Pasiraman, umbul pasiraman merupakan tempat pemandian Sultan, beserta keluarganya. Dikelilingi oleh tembok yang menjulang yang sering disebut dengan Umbul Binangun ini memiliki tiga kolam, yaitu Umbul Muncar, Blumbang Kuras, dan umbul Binangun.
  • Gedhong Gapura Panggung, Gedhong Gapura Panggung merupakan gerbang masuk utama yang digunakan untuk memasuki wilayah Taman Sari. Gerbang ini terdapat di sebelah timur Taman Sari. Pada Gapura ini juga terdapat ornamen sengkalan memet yaitu tahun 1758 yang merupakan tahun selesainya pembangunan Taman Sari.
    Taman Sari

LEAVE A REPLY