PANTAI WEDIOMBO, SURGA TERSEMBUNYI DI GUNUNGKIDUL

pantai alami wediombo

PANTAI WEDIOMBO, SURGA TERSEMBUNYI DI GUNUNGKIDUL

Category: Travel Blog

Pantai Wediombo, Surga Tersembunyi di Gunungkidul – Pantai memang menjadi destinasi wisata favorit banyak orang. Apalagi di Gunungkidul, wisata pantai disini selalu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyak pantai yang tersebar di Gunungkidul dan semua pantai yang ada disana pasti ramai wisatawan. Sampai saat ini ada pantai yang masih banyak diincar wisatawan yaitu Pantai Wediombo.

Wediombo bisa diambil dari Bahasa Jawa ‘wedi’ yang berarti ‘pasir’ dan ‘ombo’ yang berarti ‘luas’. Apabila diartikan, Wediombo berarti hamparan pasir yang luas. Pada kenyataannya Pantai Wediombo sendiri di dominasi dengan batuan karang dengan pasir putih yang tidak terlalu luas. Sebelah barat dan timur di dominasi bukit karang, membuat area pasir ini tak begitu luas.

Tapi jangan salah, walaupun hamparan pasir pantai Wediombo tak seluas yang di bayangkan, justru dengan bukit-bukit karang lah yang membuat pantai ini memiliki keindahan yang fantastis. Dan yang paling menarik dari pantai ini adalah adanya kolam yang berada dibibir pantai. Kolam ini terbentuk secara alami dari bebatuan karang.

Baca Juga :"Pantai Sadranan Gunungkidul, Snorkeling dan Mendayung Perahu Kano di Laut".

Selain memiliki pemandangan yang indah pantai ini juga sering dijadikan spot memancing ikan. Ikan yang terdapat dipantai ini biasanya ikan cucut atau ikan panjo(nama lokal). Pemancing biasanya memancing ikan di tebing sebelah timur.

Pantai Wediombo Gunungkidul juga dijadikan sebagai tempat Upacara Ngalangi, yaitu upacara adat masyarakat setempat sebagai tanda syukur atas hasil panen ikan yang melimpah. Acara ini diadakan setiap tahun. Kegiatan Upacara Ngalangi ini melarung sesaji ke laut, dalam ritual Ngalangi ini juga ada aktivitas menangkap ikan menggunakan gawar (jaring dari pohon wawar). Ikan-ikan tersebut kemudian akan dimasak dan dimakan bersama pada acara kenduri besar.

Upacara Ngalangi Pantai Wediombo
Upacara Ngalangi (foto : instagram @farisol_ar)

Lokasi Pantai 

Wisata Pantai ini berlokasi di Kelurahan Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul Yogyakarta

Rute Menuju ke Pantai

1. Jalur Utama

Yogyakarta-Wonosari-Desa Mulo ambil arah ke kiri-Jepitu ambil ke kanan-ikuti arah ke Pantai Wediombo

2. Jalur Alternatif 1

Jalan Wonosari-Mulo ambil arah lurus menuju Pantai Baron-pertigaan ambil ke arah Pantai Kukup-Tepus-Jepitu ambil ke kanan-ikuti arah ke Pantai Wediombo

3. Jalur Timur

Praci Wonogiri-Rongkop ambil ke arah Nglindur-Pasar Ngrancah ambil ke kanan-Jepitu ambil ke kiri- ikuti jalan lurus kea rah Pantai Wediombo

4. Rute Tengah

Semanu-Giripanggang-Cuelo-pertigaan lapangan ambil ke arah ke kanan-Pasar Jepitu ambil ke kanan-ikuti jalan ke Pantai Wediombo

Baca Juga :"SNORKELING BERSAMA IKAN DI PANTAI NGLAMBOR GUNUNGKIDUL".

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat mengakses area pantai ini dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,- per orang. Apabila sudah sampai ke tempat parkir, kamu harus membayar tiket parkir Rp 3.000,- untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000,- untuk kendaraan roda empat. Kamu juga harus berjalan melewati anak tangga apabila sudah sampai di tempat parkir, kurang lebih selama 15-20 menit dengan berjalan santai.

Fasilitas

  • Kamar mandi/ toilet
  • Tempat ibadah
  • Tempat makan dengan aneka menu pilihan berbahan dasar ikan laut

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan di Pantai Wediombo

1. Berenang di Kolam Renang Alami

Di Wediombo terdapat kolam renang alami di bibir pantai yang bisa dijadikan tempat untuk berenang. Kolam ini menjadi favorite wisatawan yang berkunjung dan juga sebagai spot foto yang keren. Kolam ini terbentuk di celah-celah batu karang jadi aman untuk berenang. Tetapi wisatawan juga tetap harus berhati-hati.

Berenang di Pantai Wediombo
Berenang di Kolam Renang Alami (foto: jogjaonstage.com)

2. Berselancar

Pantai ini juga cocok digunakan untuk berselancar. Wisatawan dapat mencoba kegiatan dengan didampingi pelatih. Dengan membayar Rp. 100.000 per orang wisatawan akan diajari cara surfing oleh pemandu. Seru bukan? Tapi tetap harus berhati-hati ya selain karena ombak yang besar tentu saja karena ada sebagian yang terdapat karang yang sanggup menggoyak siapa saja yang lengah.

Berselancar di Pantai Wediombo
Berselancar di Pantai (foto :wisatakaka.com)

3. Berkemah

Siapa yang tidak suka dengan sunset? Di pantai ini kamu dapat menikmati keindahan sunset yang tercipta. Dengan camping disini kamu tidak akan melewatkan momen yang tercipta. Sunset indah di pantai pasir putih dan berkarang. Tenang saja, bagi yang ingin berkemah mendirikan tenda di Pantai Wediombo diizinkan oleh pengelola setempat. Jadi jangan khawatir bagi wisatawan yang tidak mempunyai tenda, kamu bisa menyewa di area pantai ini dengan biaya Rp 35.000 per malam.

Camping di Pantai Wediombo
Camping di Pantai Wediombo (foto: wisatakaka.com)
Baca Juga :"PANTAI “TERAS KACA” NGULURAN GUNUNGKIDUL, SENSASI FOTO DIATAS LAUT".

LEAVE A REPLY