Pantai Unik di Jogja

Pantai Unik di Jogja

Pantai Unik di Jogja

Category: Travel Blog

Selain terkenal dengan kota pelajar dan kota gudeg ini, Yogyakarta juga terkenal sebagai kota wisata. Destinasi wisata di kota ini dapat memanjakan mata para pengunjung karena di kota ini banyak terdapat wisata pantai unik. Yogyakarta memiliki puluhan pantai yang berderet dari Kulon Progo hingga Gunung Kidul. Pantai-pantai tersebut memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik para wisatawan.

Berikut pantai-pantai unik di Yogyakarta :

1. Pantai Kukup, Tanah Lot-nya Jogja

Pantai Kukup

Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 1 km dari Pantai Baron. Pantai Kukup ini memiliki sebuah pulau karang kecil di sisi timur lengkap dengan gardu pandang. Untuk mencapai pulau tersebut, wisatawan bisa berjalan kaki menyusuri anak tangga dan menyeberang jembatan. Panorama inilah yang kerap membuat Pantai Kukup dijuluki sebagai Tanah Lot-nya Jogja.
Garis Pantai Kukup memang tidak terlalu panjang sebab di kanan kirinya dihimpit oleh bebatuan karang. Pantai Kukup tetap menawan untuk dikunjungi dan dijadikan tempat melepas penat. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kukup bisa bermain pasir atau berteduh di gua-gua karang alami yang banyak terdapat di pinggir pantai ini. Untuk menuju pulau karang, wisatawan harus menapaki anak tangga dan mendaki bukit kemudian menyeberang melewati jembatan dengan hempasan ombak besar dibawahnya. Dari gardu pandang atau pendopo ini wisatawan bisa menyaksikan hamparan Samudera Hindia dengan ombaknya yang bergulung-gulung menabrak karang. Meski ombaknya besar, di beberapa bagian terdapat hamparan air laut yang tenang. Jika datang pada waktu yang tepat, wisatawan bisa menyaksikan sunrise maupun sunset pantai yang indah dari gardu pandang ini.

2. Pantai Timang, Pemilik Kereta Gantung Ekstrim

Pantai Timang

Pantai Timang Gunungkidul merupakan salah satu pantai yang tersebar diwilayah Gunungkidul. Perjalanan untuk menuju pantai ini sangat menantang, jalan menuju ke pantai ini sangat terjal dan berbatu. Pantai Timang memiliki pemandangan yang sangat menawan dengan pasir putih yang terhampar bersih disepanjang pesisir pantai ini. Tumbuhan pandan berderet tumbuh subur disekitar pantai ini menambah keindahan panorama Pantai Timang Gunungkidul ini. Pengunjung pantai ini belum sebanyak pantai lainnya yang sudah terkenal sebelumnya sehingga bila anda perhatikan suasana di pantai ini masih terkesan alami.
Pulau Timang Gunungkidul memang bukan pulau seperti pada umumnya yang berupa sebidang tanah dengan pesisir yang berpasir. Pulau ini tidak lebih berupa bongkahan batu karang yang besar dengan tebing yang sangat curam. Untuk mencapai Pulau Timang ini wisatawan harus menggunakan semacam gantole tradisional atau kereta gantung yang terbuat dari kayu dan bambu yang dirangkai dengan tambang tali plastik yang sangat kuat sehingga dapat menopang berat badan dari seseorang dan selanjutnya ditarik oleh beberapa orang sehingga gantole tersebut akan bergerak ke arah Pulau Timang. Jarak luncur dari gantole ini sekitar 50-100 me kearah barat dari Pantai Timang. Dibutuhkan mental yang kuat bila ingin mencoba menyeberang kesana, karena sepanjang jarak tersebut anda akan meluncur sendirian menaiki gantole diatas lautan yang dalam dengan ombak yang besar.

3. Pantai Glagah

Pantai Glagah

Selama ini Kabupaten Kulonprogo seringkali terlupa di kalangan wisatawan. Padahal di Kabupaten ini terdapat sebuah pantai yang indah dengan fasilitas yang sangat beragam, Pantai Glagah namanya. Destinasi wisata ini hanya berjarak sekitar 40 km arah barat Yogyakarta, berbatasan dengan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.
Berbeda dengan pantai-pantai di Gunungkidul yang dibatasi bukit karang, tepian Pantai Glagah terlihat sangat panjang tanpa penghalang. Sejauh mata memandang yang terlihat adalah hamparan pasir besi kehitaman. Ombak di Pantai Glagah terbilang cukup besar. Karena itu di kawasan pantai ini dibangun sebuah dermaga panjang dengan tetrapod di kanan kirinya. Tetrapod tersebut berfungsi sebagai pemecah ombak.
Pantai Glagah dikenal memiliki laguna yang luas dan indah. Di laguna ini beragam wisata tirta bisa dicoba oleh wisatawan, mulai dari perahu kayuh (perahu bebek-bebekan), kano, hingga sampan kecil yang akan membawa wisatawan berputar mengelilingi laguna. Karena lokasinya yang tenang dan jauh dari deburan ombak, maka tempat ini ramai oleh pengunjung anak-anak. Wisatawan pun bisa memancing di laguna ini. Saat sore menjelang, sunset yang indah bisa disaksikan dari laguna. Selain mencoba wisata tirta di laguna, wisatawan yang suka petualangan juga bisa naik motorcross atau ATV menyusuri gundukan pasir besi yang ada di sepanjang pantai.Bagi yang ingin menginap, di kawasan Pantai Glagah juga tersdia beberapa penginapan dengan fasilitas standar. Beragam rumah makan yang menyajikan seafood juga bisa dijumpai. Sedangkan bagi yang ingin camping bisa memilih mendirikan tenda tepat di bibir pantai berpasir maupaun di area camping ground yang tersebar di kawasan ini.

LEAVE A REPLY