Pantai Menganti Kebumen, Surga di Balik Perbukitan

pantai menganti kebumen 2019

Pantai Menganti Kebumen, Surga di Balik Perbukitan

Category: Travel Blog

Pantai Menganti Kebumen, Surga di Balik Perbukitan – Sisi selatan Kabupaten Kebumen ini memiliki pantai-pantai yang indah. Beberapa pantai tersebut ialah Pantai Karang Bolong, Pantai Petanahan, Pantai Ayah dan Pantai Suwuk. Sebagian lainnya masih belum dikembangkan dan memiliki kealamian tersendiri.

Salah satu pantai yang menjadi favorit wisatawan yaitu pantai menganti. Pantai ini termasuk pantai terindah di jawa tengah. Karena keindahannya pantai ini tidak pernah sepi pengunjung, apalagi saat musim liburan tiba. Jadi kalau kamu ingin berkunjung kesini cobalah untuk mengindari hari libur agar kamu dapat menikmati pantai seutuhnya.

Baca Juga :“Bukit Hud Kebumen, Pemandangan Bak di New Zealand”.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini seperti, berburu foto yang instagramable, bermain air, berenang, bermain pasir, atau hanya ingin bersantai sembari menikmati keindahan panorama pantai ini.

Mitos Pantai Menganti

Pantai ini menyimpan kisah tragis sebuah percintaan. Jaman dahulu ada seorang panglima kerajaan yang menjalin cinta dengan seorang gadis. Tapi  sayangnya, hubungan ini tidak mendapatkan restu dari orang tua sang panglima.

Pada suatu saat, keduanya sepakat untuk bertemu di Samudra Selatan Jawa. Sayangnya, sang gadis pujaan hati tidak kunjung datang. Sang Panglima terus menanti kedatangan sang gadis hingga waktu yang lama. Dia selalu berharap agar kekasihnya datang menemuinya.

Dari sinilah nama Pantai Menganti berasal. Nama itu berawal dari kata menanti atau menunggu. Selain hal tersebut ada lagi mitos yang beredar di masyarakat dan banyak yang mempercayainya.

Dan Mitosnya lagi adalah para pengunjung tidak diperkenankan mengenakan baju berwarna hijau gadung. Mitos ini erat kaitannya dengan kepercayaan masyarakat tentang Nyi Roro Kidul yang melegenda.

Sebenarnya kepercayaan ini tidak hanya muncul di sini namun juga di sepanjang pantai selatan pulau Jawa. Masyarakat telah menganggapnya sebagai penguasa laut selatan.

Baca Juga :“Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul, Mistis dan Mempesona”.

Lokasi

Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah

Rute

Jila Kamu dari arah pusat Kota Kebumen, jaraknya sekitar 40 kilometer. Dari pusat kota kebumen Ambillah arah selatan dengan lama perjalanan kurang lebih 60 menit. Rute yang dilewati adalah Kebumen-Petanahan-Puring-Karangbolong-Menganti.

Selain itu Kamu juga dapat melewati rute Kebumen-Gombong lalu ambil jalan ke arah Jatijajar. Waktu tempuhnya kurang lebih juga 60 menit.

Jika Kamu dari arah Purwokerto, ambillah jalur menuju Pantai Ayah atau Pantai Logending. Saat menuju ke jalur tersebut, Kamu akan menemukan persimpangan arah ke kanan dan ke kiri. Lalu Ambillah persimpangan dengan arah ke kiri untuk sampai ke Pantai Menganti.

Jika Kamu mengambil arah ke kanan, Kamu akan sampai ke Pantai Ayah. Setelah mengikuti arah jalan ke kiri tadi, Kamu akan menemui jalan menanjak. Untuk sampai ke Pantai Menganti Kamu membutuhkan waktu sekitar 20 hingga 30 menit lamanya.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket masuk pantai menganti kebumen 2019 :

Kamu hanya perlu membayar Rp 10.000 saja untuk bisa masuk ke pantai cantik ini

Jam Buka

Jam buka pantai menganti ini dibuka selama 24 jam non stop, jadi kamu bisa mengunjunginya kapan saja

Fasilitas

Hampir semua yang dibutuhkan pengunjung sudah tersedia di lokasi, seperti :

  • Kamar mandi dan toilet
  • Tempat ibadah
  • Area parkir
  • Warung dan kios-kios
  • Penginapan (homestay dan villa)
  • Penjual ikan segar

Spot Foto

Selain menikmati keindahan pantainya disini juga ada beberapa spot foto, seperti:

Jembatan Merah

Lembah Menguneng

Balon Udara

Sepeda Gantung

Ayo segera rencanakan liburanmu kesini. Jangan lupa untuk selalu menyayangi alam ya, dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selamat Berlibur!

LEAVE A REPLY