Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul, Mistis dan Mempesona

air terjun sri gethuk

Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul, Mistis dan Mempesona

Category: Travel Blog

Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul, Mistis dan Mempesona – Gunung kidul memang memiliki wisata alam yang beragam. Mulai dari pantainya yang begitu beragam, goa, embung dan juga air terjun. Semua tempat wisata tersebut menyuguhkan keindahan tersendiri. Pengunjung yang datang ke Gunungkidul juga tidak sepi. Mereka selalu tertarik dengan tempat wisata yang ditawarkan disini.

Baca Juga :“Pantai Ngandong Gunungkidul, Menyuguhkan Kano dan Snorkeling”.

Wisata yang satu tidak kalah seru dengan wisata lainnya yang ada di Gunungkidul. Air terjun Sri Gethuk, wisata air terjun yang satu ini terdapat tiga mata air yang berada di kedalaman tanahnya, yaitu sumber mata air Ngandong, Dong Poh dan Ngumbul. Dan ketiga aliran airnya masuk melalui tebing tinggi dan mengalir ke dalam sungai Oya, konon Sungai Oya ini tidak pernah mengalami kekeringan maupun surut.

Wisata ini juga banyak dikunjungi wisatawan untuk berlibur. Selain menyuguhkan keindahan alamnya disini kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas. Dercik air dan hijaunya pepohonan membuat suasana begitu nikmat. Begitu juga dengan pesona air terjun, bebatuan tersusun secara rapi alami dan air sungai bening merupakan keindahan alam yang membuat para wisatawan tak bakal menyesal berkunjung kesana.

lokasi wisata
sumber gambar : jogjaempatroda.com

Alamat

Air terjun Sri Gethuk ini berlokasi di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Rute

Rute menuju air terjun Gunungkidul dari kota Yogyakarta,

Dari kota Yogyakarta kamu menuju ke Kecamatan Wonosari, dilanjutkan perjalanan ke Kecamatan Pathuk Gunung Kidul. Sesampai di Pathuk lurus saja sampai menemukan pertigaan Gading, lalu belok ke kanan ambil ke arah Playen. Sesampai di Playen ambil arah ke kanan menuju ke kecamatan Palihan. Setelah di Palihan kamu bakal mendapati papan petunjuk arah ke lokasi air terjun Sri Gethuk. Ikuti setiap petunjuk arah, kurang lebih tujuh kilometer, barulah sampai di lokasi wisata.

Harga

Biaya retribusi  pengelola wisata sebesar 10.000 per orang.

penyewaan kapal untuk menikmati dan menyusuri seluruh kawasan hanya kisaran 10.000 per orang.

Fasilitas:

Fasilitas yang ada di lokasi air terjun ini sudah cukup lengkap jadi kamu tidak perlu khawatir jika berkunjung kesini. Berikut beberapa fasilitas yang terdapat di lokasi  :

  • Area parkir
  • Tempat ibadah
  • Toilet
  • Warung makan
  • Rakit
  • Pelampung
  • Ban

Mitos Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun Sri Gethuk ini tidak lepas dari cerita mitos yang beredar masyarakat. Seperti destinasi lainnya yang juga memiliki cerita dibalik keindahan alamnya. sejarah air terjun Sri Gethuk yang berasal dari kata kethuk, menurut warga setempat alat musik kethuk ialah alat instrumen gamelan dimiliki oleh jin Anggo Meduro yang dulu di simpan di lokasi wisata, itulah cerita mula air terjun Gunungkidul ini disebut air terjun Sri Gethuk. Konon, warga sekitar pada waktu-waktu tertentu mendengar adanya suara gamelan dari arah lokasi air terjun.

Jin Anggo Meduro memiliki jabatan sebagai pemimpin pasukan jin. Konon Jin Anggo Meduro menyukai kesenian jawa seperti jatilan dan karawitan. Lantas saja jin Anggo Meduro begitu menyukai alat musik gamelan.

mitos sri gethuk
sumber gambar : datawisata.com

Kegiatan yang bisa dilakukan

Berfoto dengan spot ciamik

Jika kamu tidak ingin berenang atau takut berenang kamu bisa berfoto di lokasi air terjun ini. Siapkan kamera atau hp dengan resolusi kamera yang bagus ya agar fotomu instagramble dan keren.

spot foto instagramable
Sumber gambar : datawisata.com

Berenang

Nahh ini yang paling seru kamu bisa berenag dengan ban atau pelampung yang sudah tersedia disana. Kamu juga bisa mandi dibawah air terjun, wah pasti seru tuh.

keseruan berenang
Sumber foto : IG @febry0311

Baca Juga :“Kedung Pedut Kulonprogo, Keasrian dan Kesejukan Wisata Alam Air Terjun”.

Menyusuri sungai dengan kapal

Dengan kapal ini kamu bakal diajak keliling sungai. Kamu juga bisa lho mendapatkan foto yang bagus ketika menaiki kapal ini.

menyusuri sungai
Photo by : datawisata.com

Oya, yang paling penting kamu harus jaga sopan santun dan buang sampah pada tempatnya ya. Selamat berlibur !

Baca Juga :“Air Terjun Lepo Dlingo, Keindahan Air Terjun 4 Tingkat Bak  Erawan Falls”.

LEAVE A REPLY