Bukit Grenden, Eksotisme Hutan Pinus Lereng Merbabu

Bukit Grenden, Eksotisme Hutan Pinus Lereng Merbabu

Category: Travel Blog

Bukit grenden Pakis, sebuah destinasi wisata alam yang belum lama ini terkenal, khususnya di Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Bukit yang berada di lereng gunung merbabu ini merupakan salah satu bukit yang ditumbuhi dengan pohon pinus yang sangat sayang untuk dilewatkan. Dengan pemandangan alam yang menawan dipadu dengan suhu udara yang sejuk serta alami juga dilengkapi dengan berbagai spot foto. Beragam membuat tempat ini semakin nyaman untuk kita singgahi, bukit yang berada di Dusun Grenden, kelurahan Pohgalang, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama di tempat ini, apalagi dengan tambahan kabut yang menyelimuti meskipun di siang hari.

Bukit grenden ini sebenarnya adalah jalur alternatif menuju ke puncak merbabu, namun tidak sepopuler jalur santing atau juga selo. Bukit yang dianugerahi keindahan alam yang menakjubkan ini juga dilengkapi dengan tempat berkemah yang cukup luas lengkap dengan jajaran pohon pinus merah. Pohon pinus merah yang berada di bukit grenden ini juga berbeda dengan pohon pinus yang lain. Karena pohon pinus merah ini tidak disadap untuk diambil getahnya sehingga dapat berumur panjang dan minim untuk roboh, sehingga membuat pengunjung merasa aman.

Lokasinya

yang berada di ketinggian membuat pemandangan yang ditawarkan dari bukit ini sangat asri dan mempesona. Terdapat pemandangan dua gunung raksasa yaitu Merapi dan Merbabu di satu Lokasi yang sangat epic. Serta tak ketinggalan berupa keindahan alam sekitar Kota Magelang, Jogja,Semarang, dan Temanggung dari atas ketinggian. Selimut kabut dengan hawa sejuk dan dingin yang menyelimuti hingga ke atas, menyelubung di sela-sela pohon pinus merah yang menjulang tinggi. Memberikan sensasi eksotis sekaligus magis di bukit yang berada di ketinggaian 1.600 mdpl ini. Seiring semakin siang, kabut di kawasan bukit ini akan semakin menipis dan menawan. Membuat wisatawan akan terus berdatangan ke bukit ini, terutama bagi para wisatawan yang mencari Ketenangan. Di tempat ini para pengunjung dapat mendapatkan ketenangan dan melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan. Menikmati sejuknya udara di kawasan lereng Gunung Merbabu. Destinasi wisata ini akan memanjakan para pengunjung dengan keindahan Alamnya dan beberapa Spot yang begitu instagenik.

Seiring berjalannya waktu, guna menunjang kenyamanan pengunjung saat ini, sudah banyak dihadirkan spot-spot foto kekinian di bukit Grenden ini. Selain dengan banyaknya spot foto yang instagenic keramahan para penduduk sekitar bukit grenden ini juga memberi nilai tambah. Di mata para wisatawan yang membuat wisatawan semakin terpesona dengan bukit ini. Menurut pihak pengelola keramahan warga sekitar memang menjadi nilai plus yang berkesan sekaligus menjadi kunci penting pengembangan wisata.

Dari atas bukit ini para wisatawan bisa duduk dikursi Taman yang telah disediakan sembari menikmati keindahan alam. Selain itu para pengunjung juga bisa menikmati  beberapa spot foto yang berada di lembah hijau yang berada di bukit grenden ini. Didalam lokasi bukit grenden ini juga tersedia fasilitas Outbound yang bisa di manfaatkan oleh para pengunjung. Di tempat ini juga terdapat spot Tebing Batu Rembetan, salah satu spot yang serupa dengan view tebing batu di negeri Gajah Putih Thailand.

Fasilitas

Penunjang wisata di Wisata Alam Grenden pun tergolong lengkap. Yaitu adanya musala, toilet yang layak, tempat parkir yang mampu menampung ratusan kendaraan, warung makan, hingga gazebo yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat. Kebersihan di Wisata Alam Grenden pun sangat terjaga dan layak diacungi jempol. Banyaknya spot foto kekinian juga menjadi daya tarik utama destinasi Wisata Alam Grenden. Lebih dari 10 spot foto bisa disambangi pengunjung sepuasnya. Seperti Spot Bulan Sabit, Rumah Terbalik, Rumah Kurcaci, Sarang Burung, dan sebagainya. Bahkan para pengunjung juga bisa berfoto dengan becak dan juga ayunan yang lokasinya tidak jauh dari gerbang masuk bukit grenden. Ditambah lagi di saat cuaca cerah, wisatawan juga dapat melihat gagahnya Gunung Merapi, air terjun di tebing dari kejauhan, hingga landscape Magelang dari ketinggian. Bila cuaca berkabut, siap-siap saja untuk ‘mandi kabut’ sehingga akan menghasilkan foto yang lebih dramatis.

LEAVE A REPLY