Ullen Sentalu, Eksotisme Museum yang Kental Sejarah Jawa

ullen sentalu

Ullen Sentalu, Eksotisme Museum yang Kental Sejarah Jawa

Category: Travel Blog

Ullen Sentalu, Eksotisme Museum yang Kental Sejarah Jawa – Museum ullen sentalu terpilih sebagau museum kedua terbaik di Indonesia tahun 2018 oleh para pengguna TripAdvisor. Jadi kalau kamu berkunjung ke Jogja pastikan kamu memasukan museum ini kedalam daftarmu.

Nama museum yang terdengar unik ini adalah sebuah singkatan. Ullen Sentalu merupakan singkatan dari bahasa Jawa yaitu “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku” yang artinya adalah “Nyala lampu blencong (lampu yang dipergunakan dalam pertunjukan wayang kulit)  merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”.  Ullen Sentalu didirikan oleh salah seorang bangsawan Yogyakarta yang dikenal sangat dekat dengan keluarga keraton Surakarta dan Yogyakarta.

ullen sentalu museum
museum ullen sentalu (sumber gambar)

Bentuk bangunan yang unik memadukan arsitektur Eropa ala-ala ghotic akan membuat kamu berdecak kagum. Koleksi peninggalan Kerajaan Mataram yang kental dengan nuansa tanah Jawa dapat kamu nikmati disini.

Nuansa jawa akan langsung kita rasakan ketika mulai memasuki museum. Kamu tidak perlu khawatir dengan membayar 40rb sudah termasuk pemandu. Jadi kamu akan dipadu selama mengelilingi museum.

arsitektur ulen sentalu
arsitektur museum (sumber gambar)

Sejarah

Museum ini merupakan museum swasta yang diprakarsai oleh keluarga Haryono dari Jogja dan berada di bawah payung Yayasan Ulating Blencong dengan penasehat antara lain: I.S.K.S. Paku Buwono XII, KGPAA Paku Alam VIII, GBPH Poeger, GRAy Siti Nurul Kusumawardhani, Ibu Hartini Soekarno, serta KP. dr. Samuel Wedyadiningrat, Sp.(B). K.(Onk). Diresmikan pada tanggal 1 Maret 1997, oleh KGPAA Paku Alam VIII, Gubernur Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ullen sentalu memiliki visi “Sebagai jendela peradaban seni dan budaya Jawa”.

Lokasi Ullen Sentalu

Museum ini terletak di Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582. Map

Jam Buka 

  • Senin     Tutup
  • Selasa   08:30–16:00
  • Rabu      08:30–16:00
  • Kamis    08:30–16:00
  • Jumat    08:30–16:00
  • Sabtu    08:30–17:00
  • Ahad     08:30–17:00

Baca juga :“Omah Kecebong, Serunya Outbond Dengan Busana Jawa”.

Harga Tiket Masuk Ullen Sentalu

Pengunjung domestik

  • Dewasa                idr 40,000
  • Anak (5-12)         idr 20,000

Pengunjung mancanegara

  • Dewasa                idr 100,000
  • Anak (5-12)         idr 60,000

Fasilitas

  • Parkir yang luas
  • Mushola
  • Free minuman awet muda
  • Toilet
  • Restaurant/kafe
  • Pemandu
  • toko

ruang ulen sentalu

Museum ulen sentalu memiliki Sembilan ruang, kesembilan ruang tersebut diantaranya :

  1. Ruang Selamat Datang, area penyambutan tamu atau pengunjung museum.
  2. Seni Tari dan Gamelan, di ruangan ini Kamu akan menemukan seperangkat gamelan yang merupakan hadiah hibah dari seorang pangeran Kasultanan Yogyakarta.
  3. Ruang Guwa Sela Giri, memamerkan karya lukisan dokumentasi tokoh-tokoh dari Dinasti Mataram yang beada di ruangan bawah tanah
  4. Ruang Syair (Balai Sekar Kedaton), dimana syair-syair yang ditulis oleh para kerabat dan teman-teman GRAj Koes Sapariyam pada tahun 1939-1947 ditampilkan ditempat ini. GRAj Koes Sapariyam konon dulunya lebih dikenal dengan sebutan Tineke memiliki kisah cinta yang rumit, kisah cintanya tidak direstui orang tuanya. Para sahabat mengirimkan surat untuknya sebagai penyemangat. Namun pada akhirnya, demi cinta Putri Tineke rela melepas status ningratnya untuk mengejar cinta.
  5. Royal Room Ratu Mas, ruangan ini ruangan khusus yang dipersembahkan untuk permaisuri Sunan Paku Buwana X.
  6. Ruang Batik Vorstendlanden, banyak koleksi batik yang disimpan diruangan ini.
  7. Batik Pesisiran, ruangan ini hampir sama dengan Ruang Batik Vorstendlanden yang juga menyimpan koleksi batik.
  8. Ruang Putri Dambaan, ruangan yang menampilkan koleksi foto pribadi putri tunggal Mangkunegara VII, Gusti Nurul dari kecil hingga menikah.
  9. Sasana Sekar Bawana, ruangan yang berisi beberapa lukisan raja Mataram.
museum ullen sentalu
museum ulen sentalu (sumber gambar)

Baca juga :“Outbond di Jogja, Berkesan & Menyenangkan”.

Tata Tertib

  1. Tidak diizinkan menyentuh dan memotret koleksi atau merekam penjelasan kurator. Kamu akan diberitahukan lokasi untuk pemotretan pada akhir tur.
  2. Pengunjung tidak diizinkan merokok, makan dan minum selama tur berlangsung. Kalau kamu ingin bersantai lebih lanjut dapat meluangkan waktunya di café & restoran Buikenhof atau area di sekitar Jawa Bazaar dan MUSE museum shop.
  3. Tas besar dan ransel tidak boleh dibawa masuk ke dalam museum. jangan lupa ponsel & gadget  harap di non-aktifkan selama mengikuti tur. Ulen sentalu menyediakan loker pintu masuk bagi yang membutuhkan penitipan barang.

LEAVE A REPLY