Titik 0 Jogja, Eksotisme Jantung Kota Jogja Dimalam Hari

titik nol jogja

Titik 0 Jogja, Eksotisme Jantung Kota Jogja Dimalam Hari

Category: Travel Blog

Titik 0 Jogja, Eksotisme Jantung Kota Jogja Dimalam Hari – Selain terkenal akan kota pelajarnya Yogyakarta juga terkenal akan keanekaragaman tempat wisatanya. Mulai dari wisata alam, sejarah bahkan wisata kulinernya. Yogyakarta juga tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan mulai dari pagi hari bahkan malam hari.

Di Jogja sendiri terdapat beberapa wisata malam, salah satunya
Titik 0 (Nol) Jogja . Lokasi ini berupa sebuah persimpangan, namun persimpangan Titik 0 Jogja ini bukanlah sebuah persimpangan biasa. Karena di persimpangan ini bisa dibilang sebagai titik tengah kota Jogja dan lokasinya yang benar-benar di depan Keraton Yogyakarta sebagai pendiri daerah yang istimewa ini.

Baca Juga :“Puncak Becici, Keindahan Wisata Alam Hutan Pinus”.

Sebelah utara dari lokasi adalah pusat keramaian wisata jogja yaitu jalan malioboro. Tempat wisata ini mulai rame pada sore hari hingga malah hari. Dilingkungan nol km juga terdapat bangunan penting bersejarah seperti benteng vre der burg, gedung Bank Indonesia, Gedung Bank Indonesia, dan Gedung Kantor Pos Besar.

Banyak wisatawan menghabiskan waktu disini untuk berfoto atau hanya sekedar nongkrong di dudukan yang banyak disediakan disana. Dikawasan nol km ini sudah banyak tempat duduk yang disediakan jadi kamu bisa bersantai menikmati kota jogja dan juga bisa berfoto.

Aktivitas di nol km
foto : surabayapagi.com

Lokasi

Nol km ini berada tepat di tengah pusat kota Jogja jadi lokasi ini mudah diakses dengan transportasi apa saja bahkan dengan berjalan kaki. Lokasi ini juga diapit oleh Kraton Yogyakarta (Selatan) dan Jalan Malioboro (Utara).

Lokasi Titik 0 Jogja bisa juga diakses dari segala penjuru, karena titik 0 kilometer ini merupakan sebuah perempatan, dimana di sebelah utara merupakan Jln. Malioboro, barat yaitu Jln. KH. Ahmad Dahlan, selatan Jln. Pangurakan, dan timur adalah Jln. Panembahan Senopati.

Lokasi tepat dari Titik Nol Kilometer Jogja ini adalah berada di daerah Ngupasan, Gondomanan, Daerah Istimewa Yogyakarta.

malioboro malam hari
foto : prelo.co.id

Rute

Karena lokasinya berada dipusat kota jogja lokasi ini mudah di akses dari segala penjuru dan berbagai transportasi

Harga

Untuk menikmati wisata di nol km ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Kamu hanya perlu membayar parkir kendaraanmu saja untuk motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000

Baca Juga “Kebun Buah Mangunan, Keindahan Negeri Diatas Awan”.

Fasilitas

Sekarang kawasan dan Fasilitas Titik Nol Jogja terbilang sangat bagus untuk sebuah area publik, karena area ini memang didesain agar wisatawan betah untuk berlama-lama nongkrong di tempat wisata ini. Fasilitas yang terdapat disini antara lain:

  • Tempat duduk dan bangku yang tersebar di sekitar kawasan Titik Nol
  • Area Pedestrian luas
  • Tempat sampah yang tersebar dengan di sekitar kawasan
  • Lampu penerangan yang dapat membuat area ini tampak gemerlap
  • Toilet umum yang besih dan terjaga
  • Pedagang makanan
  • Pedagang oleh-oleh
  • Petugas yang siap membantu dan memberikan informasi
titik 0 km jgja
titik 0 km jgja (foto : instagram @nofiaadesasmita)

Baca Juga “Bukit Panguk Kediwung, Keindahan Negeri Kahyangan di Bantul”.

LEAVE A REPLY