Pantai Jogan, Antara Air Terjun dan Pantai

Pantai Jogan, Antara Air Terjun dan Pantai

Category: Travel Blog

Pantai Jogan, antara Air Terjun dan Pantai – Yogyakarta, merupakan salah satu wilayah yang kaya akan objek-objek wisata. Terutama wisata alam pantai. Dari sekian banyak pantai yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagian besar berada di wilayah Kabupaten Gunung Kidul. Pernahkah mendengar nama “Pantai Jogan” ? Sepertinya asing di telinga ya.

Berada di kecamatan Tepus, kabupaten Gunung Kidul. Letak Pantai Jogan tidak jauh dengan Pantai Nglambor dan Pantai Siung. Meski begitu Pantai Jogan masih belum terlalu populer dikalangan traveller. Jarak tempuh dari pusat kota dengan menggunakan roda dua kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan.

pic by limakaki

Sisi unik dan menarik

Sisi unik dan menarik dari pantai ini adalah memiliki air terjun yang langsung mengalir menuju pantai. Merupakan satu-satunya pantai yang memiliki air terjun di wilayah Gunung Kidul. Tinggi air terjun di Pantai Jogan sendiri sekitar kurang lebih 10 meter. Air terjun tersebut berasal dari sungai disekitarnya. Wisatawan yang berkunjung akan mencoba berdiri dibawah air terjun dan merasakan sensasi diguyur air dari atas.

Beroperasi selama 24 jam pada hari senin sampai hari minggu. Namun fasilitas yang tersedia masih belum bisa dikatakan lengkap, dikarenakan belum banyak para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Beberapa fasilitas yang telah tersedia diantaranya gazebo, kamar mandi, warung makan dan minum, serta tempat parkir.

Tiket masuk wisata pantai Jogan

Tiket masuk wisata pantai Jogan berkisar Rp 10.000,- dengan biaya parkir kendaraan roda dua Rp 3000,- dan mobil Rp 5000,- sedangkan untuk bus dikenakan biaya sebesar Rp 20.000,-.

Dibawah air terjun terdapat banyak batu karang yang licin. Disini pengunjung diharapkan untuk berhati-hati dalam mengambil langkah. Selain itu terdapat banyak bayi-bayi kepiting yang kecil dan transparan. Wah.. cukup geli yaa.. hehe. Disarankan menggunakan sepatu jika tidak ingin kaki terluka oleh gigitan bayi kepiting.

Photo by nativeindonesia.com

Jika waktu telah menyentuh sore, wisatawan yang datang ke Pantai Jogan dapat menghabiskan waktu untuk melihat matahari terbenam. Sungguh paket yang sangat komplit ya, bisa menikmati air terjun, berwisata pantai dan menikmati panorama terbenamnya matahari.

Artikel lain:Eling Bening Semarang, Wisata Keluarga Fasilitas Lengkap

Apabila memiliki waktu yang cukup banyak pengunjung juga bisa mengunjungi objek wisata yang terletak dekat dengan pantai Jogan. Diantaranya pantai Nglambor dan  Siung. Pantai Siung memiliki spot foto yang indah. Sedangkan pantai Nglambor biasa dikunjungi oleh wisatawan yang ingin mencoba aktivitas snorkeling atau hanya sekedar menikmati keindahan pantai.

Dimanapun berada sebaiknya tetap menjaga etika sopan santun dan menjaga lingkungan. Patuhi aturan yang berlaku dan jangan membuang sampah sembarangan. Lestarikan wisata alam Indonesia agar dapat dinikmati puluhan tahun kemudian oleh cucu-cucu kita.

baca juga:Omah Kecebong, Serunya Outbond Dengan Busana Jawa

LEAVE A REPLY