Pantai Klayar Pacitan, Keunikan Seruling Samudra dan Air Mancur

wisata pantai klayar

Pantai Klayar Pacitan, Keunikan Seruling Samudra dan Air Mancur

Category: Travel Blog

Pantai Klayar Pacitan, Keunikan Seruling Samudra dan Air Mancur – Pacitan, Kota ini meyimpan sejuta keindahan wisata pantainya yang tidak dengan raja ampat. Wisata Pantai Klayar, pantai ini menjadi salah satu pantai yang tidak bisa dilewatkan jika mengunjungi kota Pacitan.

Pantai klayar merupakan salah satu dari gugusan Pantai Laut Selatan yang menyimpan sejuta keindahan dan misteri yang menjadikan setiap pengunjung terpesona. Selain pantai klayar pacitan juga mempuyai pantai watu karung yang memiliki ombak kelas dunia.

Baca Juga :“Pantai Banyu Tibo Pacitan, Pesona Air Terjun dan Laut Dalam Satu Frame”.

Pantai ini sendiri memiliki Pasir Putih kecoklatan yang sangat lembut dan bersih. Pantai ini juga menjadi pantai icon kota Pacitan yang wajib kamu kunjungi. Disini pengunjung bisa menyaksikan  fenomena fenoma air laut yang memancar keatas kurang lebih setinggi 8-10 meter.

Sebenarnya fenomena yang langka dan unik  ini disebabkan oleh semburan dengan tekanan tinggi  air laut yang masuk melalui bagian bawah bebatuan. Karena hal ini juga, semburan ini dikenal dengan nama seruling laut oleh para pengunjung.

sunset pantai
source pict : initempatwisata.com

Alamat

Address: Kendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554

Rute

Rute menuju ke pantai klayar cukup mudah. Jika pengunjung  datang dari arah kota jogja , bisa melalui kota Wonosari di Gunungkidul. lalu ke timur menuju ke arah  Pathuk  dan lanjur ke arah kota kota Wonosari. dari sana perjalanan di lanjut ke Pracimantoro. Setelah itu  ke Giribelah .

Nanti akan melewati daerah Punung . setelah daerah punung nanti di kanan jalan ad papan nama pantai klayar. pengunjung atau wisatawan tinggal mengikuti arah papan nama menuju ke pantai klayar tersebut.

Jam buka

Pantai ini buka selama 24 jam

Harga

Harga tiket masuk dan parkir lokasi wisata pantai

  • Orang Dewasa : Rp. 10.000,-
  • Anak-anak : Rp. 5.000,- 

 Parkir

  • Sepeda motor : Rp.2000 
  • Mobil : Rp.5000 

Fasilitas

  • area parkir
  • kamar mandi
  • tempat sholat
  • pos kesehatan
  • penyewaan motor atv
  • gazebo
  • tempat camping
  • penginapan

Baca Juga :“Sungai Maron Pacitan, Menawan Bak Sungai Amazon”.

Objek Wisata di Pantai Klayar

1. Gradasi Warna Pasir yang Indah

Pantai Klayar memiliki pasir yang bersih dan lembut. Warnanya pun unik,yakni putih dan cokelat. Dimulai dari warna yang agak  putih pada bagian paling tepi yang kemudian semakin mendekati air laut, pasir tersebut bertransisi menjadi agak kecokelatan. Gradasi warna tersebut bisa dilihat dari arah atas atau menggunakan kamera drone.

senja
gambar : pacitanku.com

2. Seruling Samudra

Buat kamu yang berkunjung ke pantai ini jangan lewatkan moment atraksi dari Seruling Samudra ya. Seruling Samudra merupakan sebutan untuk sebuah Lubang Batu Karang yang berada di balik tebing. Dinamakan Seruling Samudra karena ketika angin dan air laut menembus lubang tersebut, maka akan terdengar seperti suara seruling dari laut.

3. Air Mancur di Tengah Laut

Selain mengeluarkan bunyi seruling samudra juga akan memancarkan Air setinggi 10- 15 meter ketika air laut pasang. Air mancur ini tidak terduga waktu memancarkan airnya. Kamu jangan sampai melewatkan moment ini ya dan jangan lupa mengabadikannya dengan kameramu.

pancuran pantai klayar
gambar : hipwee.com

4. Batu Sphinx dan Sumur

Fenoma Alam yang terjadi di Pantai ini berupa bebatuan yang mirip dengan Patung Sphinx yaitu Patung Singa dengan Kepala Manusia yang ada di Mesir.

Batu Sphinx pantai pacitan
gambar : pakettourpacitan.com

Itulah mengapa tebing tersebut juga di namakan Batu Sphinx. Dahulu Masyarakat sekitar memberi nama Watu Lumbung. Keunikan tebing batu tersebut sering kali dijadikan objek wisata oleh para wisatawan yang mengunjungi Pantai Klayar.

LEAVE A REPLY