Goa Gong Pacitan, Pesona Goa Terindah Se-Asia Tenggara

goa gong pacitan

Goa Gong Pacitan, Pesona Goa Terindah Se-Asia Tenggara

Category: Travel Blog

Goa Gong Pacitan, Pesona Goa Terindah Se-Asia Tenggara – Julukan pacitan sebagai kota 1001 goa ini memang pantas disematkan sebab Pacitan memiliki banyak sekali goa yang indah dan juga penuh sejarah dan misteri. Goa Gong, salah satu goa yang paling terkenal dan memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Stalaktit dan stalakmit yang terbentuk di goa ini beragam dan mempesona.

Kamu tak perlu khawatir ketika menjelajahi gua ini, karena pemerintah setempat telah menambah prasarana di dalam gua seperti tangga, pagar pengaman, penerangan dan kipas angin untuk memudahkan penelusuran. Meskipun begitu kamu juga tetap berhati -hati.

Di dalam Gua Gong terdapat beberapa ruangan. Ruang-ruang tersebut yaitu Ruang Sendang Bidadari, Ruang Bidadari, Ruang Kristal dan Marmer, Ruang Pertapaan dan Ruang Batu Gong.

wisata goa gong pacitan
via backpackerjakarta.com

Sejarah Goa Gong

Berdasarkan buku “Gua Gong Obyek Wisata Potensial di Kabupaten Pacitan” adalah Mbah Joyorejo dan Mbah Noyosemito yang menemukan goa tersebut di tahun 1924. Adalah karena adanya kekeringan pada saat itu yang melanda perkampungan yang memaksa Mbah Joyorejo dan Mbah Noyosemito untuk mencari sumber air.  Singkat cerita akhirnya mereka menemukan sumber air yang terdapat di dalam Goa Gong tersebut. Namun, masyarakat di sekitar merasa ada nuansa mistis di dalam goa tersebut, karena banyak suara-suara mistis seperti gong yang muncul dari dalam goa tersebut.

Suara-suara mirip gong tersebut membuat goa ini di namakan sebagai Goa Gong Saat itu, Goa Gong di anggap angker, karena sering mengeluarkan suara mistis mirip gong Pada tahun 1995, adalah Pak Wakino dan rekan-rekannya kembali mengadakan ekspedisi untuk melihat lebih dalam Goa Gong ini. Dan hasil ekspedisi ini menyimpulkan bahwa Goa Gong sangat indah dan sangat berpotensi menjadi obyek wisata yang menarik. (Sumber: Ketahui.com)

Baca Juga :“Pantai Karang Bolong Pacitan, Menikmati Keindahan Pantai Dari Atas Tebing.”

Alamat

Lokasi wisata ini berada di Salam, Boma, Punung, Pacitan, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Wetan 63553.

pesona stalakmit
via kabarin.co

Rute

Untuk mencapai Gua Gong, pengunjung dapat melalui 3 jalur yang berasal dari kota-kota di sekitar Pacitan yaitu Ponorogo, Wonogiri dan Trenggalek.

Jalur pertama adalah jalur bagi mereka yang berasal dari Yogyakarta. Rute yang ditempuh yaitu Yogyakarta menuju Gunung Kidul. Dari Gunung Kidul perjalanan dilanjutkan ke arah Wonogiri (Pracimantoro) terus hingga Pacitan. Petunjuk arah menuju Gua Gong dapat anda temui sebelum memasuki Kota Pacitan.

Jalur kedua adalah dari Solo. Dari Solo, arahkan kendaraan anda menuju Wonogiri (Baturetno), dilanjutkan sampai Pacitan. Sama dengan perjalanan dari Yogyakarta, petunjuk menuju Gua Gong anda temui di sebelah kanan sebelum masuk Pacitan.

Jalur ketiga merupakan jalur bagi mereka yang berasal dari daerah Surabaya dan sekitarnya. Dari Surabaya, perjalanan diarahkan ke arah Nganjuk sampai Madiun. Dari sini lanjutkan ke Ponorogo terus hingga Pacitan. Untuk mencapai Gua Gong, lanjutkan perjalanan keluar Pacitan menuju Wonogiri. Plang jalan menuju Gua Gong dapat anda temukan di sebelah kiri jalan.

Baca Juga :“Sungai Maron Pacitan, Menawan Bak Sungai Amazon”.

Jam Buka

Jam 08.00 -16.00

harga tiktet masuk goa gong pacita
via akato.id

Harga Tiket Masuk

  • Tiket Masuk  Rp. 15.000 per orang, kamu dapat dengan bebas menjelajahi pesona Gua Gong.
  • menyewa senter : Rp 5000 sebagai penerangan tambahan di dalam gua
  • menyewa guide : Rp 30.000 (jika perlu)
  • Biaya Parkir Motor : Rp 3.000

*)Harga bisa berubah sewaktu-waktu

Fasilitas

  • Lahan parkir yang luas
  • mushola
  • toilet
  • Warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman
  • Toko souvenir
keindahan go gong pacitan
via akato.id

LEAVE A REPLY