Pantai Watu Kodok Gunungkidul, Tempat Yang Cocok Untuk Camping

sunrise pantai watu kodok

Pantai Watu Kodok Gunungkidul, Tempat Yang Cocok Untuk Camping

Category: Travel Blog

Pantai Watu Kodok Gunungkidul, Tempat Yang Cocok Untuk Camping – Gunungkidul, dikawasan ini memang tempatnya wisata pantai yang indah. Mulai dari pantai untuk snorkeling, bermain kano, bahkan untuk berkemah. Pantai Watu Kodok menyuguhkan pemandangan yang tidak kalah menarik dari pantai-pantai lain yangada di gunung kidul. Indahnya pasir putih beserta deburan ombak dapat menghilangkan rasa penat setelah aktivitas kerjamu.

Ternyata tidak semua pantai di Gunungkidul belum bisa digunakan untuk camping karena beberapa pantai masih minim fasilitas. Lantas pantai mana yang rasanya nyaman untuk digunakan sebagai lahan camping? Pantai Watu Kodok adalah jawabannya. Meskipun masih jarang diekspos di berbagai media. Tetapi pantai di Gunungkidul ini sudah dikenal masyarakat Yogyakarta.

Baca Juga :“SEJUTA KEINDAHAN PANTAI NGRAWE GUNUNG KIDUL”.

Ada beragam fasilitas bisa jadi spot wisata keren. Karena sudah lama pantai di selatan Yogyakarta ini banyak dikunjungi saat musim liburan hingga akhir pekan. Kamu bisa langsung melihat pemandangan batu karang. Tidak hanya berwujud batu karang saja. Tetapi ukuran hingga bentuk bebatuan karang tersebut memang seperti katak atau kodok.Oleh sebab itu dari penamaannya mengacu pada penampakan bebatuan karang yang mirip seperti katak.

spot cantik pantai watu kodok
spot cantik watu kodok  (foto:jogjaonstage.com)

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk pantai : Rp 3.000

Biaya tambahan

  • Parkir motor : Rp 3.000
  • Parkir mobil : Rp 5.000 – Rp 10.000

Bagi kamu yang akan camping pun akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5.000 – Rp 10.000 per orangnya.

Lokasi

Lokasi Pantai Watu Kodok berada kurang lebih 70km dari pusat Yogyakarta. Tepatnya berada di Dusun Kelor, desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Waktu tempuh menuju ke pantai kurang lebih sampai 2 jam saja.

Lokasi Pantai Watu Kodok
Lokasi Pantai Watu Kodok (foto:lokasipantai.com)

Rute

  • Pertama dari Yogjakarta – Jl. Wonosari – Piyungan – Patuk – Wonosari – Jl. Baron – tepus ( Lewat Pintu masuk timur ) – Pantai Indrayanti – Pantai Sundak – Pantai Drini – pantai Watukodok.
  • Kedua dari Yogjakarta – Jl. Wonosari – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Gading ( Lapangan Terbang ) – Siono – Wonosari –  Jl. Baron – Kemadang- Pantai Baron- Pantai Kukup – Pantai sepanjang  – pantai Watukodok.
  • Ketiga dari Yogjakarta – Jl. Wonosari – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Gading ( Lapangan Terbang ) – Playen – Paliyan – Saptosari – pasar Trowono – Kemadang –  Pantai Baron- Pantai Kukup – Pantai sepanjang  – pantai Watukodok.

Baca Juga :“Pantai Itu Panas Tapi Asik, 10 Tips Liburan ke Pantai”.

Fasilitas

  • Gazebo
  • Warung makan
  • Kamar mandi yang memadai
  • Lahan parkir yang luas
  • Penyewaan tikar

Camping Dipantai Watu Kodok

Kamu bisa mendirikan tenda di pinggir pantai. Keamanan di pantai ini juga sudah bagus karena warga selalu ada yang berjaga dan berkeliling untuk memastikan keamanan pengunjung yang camping. Disore hari kamu dapat menghabiskan waktu dengan berenang karena pesisir pantai ini relatif aman untuk berenang, selama tidak terlampau jauh ke tengah. Dan juga bisa menikmati sunset yang indah di pantai. Malam harinya kamu dapat menyalakan api unggun untuk menghilangkan rasa dingin. Pagi harinya kamu bakal disuguhkan sunrise yang indah. Seru bukan?

Camping Pantai Watu Kodok
Camping Pantai Watu Kodok
sunrise pantai watu kodok
Menikmati Udara Pagi Hari (foto :jetranirezadias.com)

Menikmati Sunset

Pantai ini juga disebut-sebut sebagai pantai yang memiliki spot yang indah. Pantai Watu kodok di apit oleh beberapa karang yang berbentuk unik menjorok ke laut dan berbatasan langsung dengan pantai Drini, kamu juga dapat menikmati  sunset di bukit ini.

sunset pantai watu kodok gk
sunset pantai watu kodok (foto :alodiatour.com)

Selain pantai watu kodok 5 pantai ini juga patut kamu jadikan destinasi campingmu lho “5 Destinasi Pantai untuk Camping yang Indah di Jogja”.

LEAVE A REPLY